foto1
foto1
foto1
foto1
foto1

Activity Calendar

<<  September 2017  >>
 Mo  Tu  We  Th  Fr  Sa  Su 
      1  2  3
  4  5  6  7  8  910
11121314151617
18192021222324
252627282930 

 

Pengembangan kawasan khusus lansia kini mulai dilirik pengembang, mengingat pangsa pasar yang cukup menjanjikan. Angin kencang tren pembangunan kawasan hunian kini sedikit bergeser dan menyasar para orang lanjut usia (lansia). Tak seperti pembangunan rumah lainnya, rumah khusus lansia ini dikembangkan dengan lebih mengutamakan aspek perawatan kesehatan penghuni.

Pasar properti di Indonesia sangatlah besar sehingga menarik untuk dikembangkan Hal ini ditandai dengan maraknya pengembang yang menggelontorkan dana hingga triliunan rupiah untuk mengembangkan berbagai proyek properti di tanah air, tak terkecuali proyek perumahan khusus lansia. Pengamat Properti Matius Yusuf mengatakan bisnis hunian untuk lansia adalah salah satu bisnis yang potensial di Indonesia asalkan semuanya terintegrasi dengan baik. “Bisnis ini potensinya bagus karena ini merupakan bisnis komunitas. Tapi supaya lebih bagus lagi hunian jangan dibuat seperti penjara, tapi dibuat seperti real estat dan semuanya harus betul-betul terintegrasi,” ujar dia kepada redaksi Indonesian Industry. Matius menambahkan, terintegrasi disini maksudnya adalah
memiliki fasilitas untuk lansia yang lengkap. Mulai dari perawatan ketika lansia sakit, hingga antisipasi jika ada hal-hal yang membahayakan lansia. “Ada rumah sakitnya, dokternya, pokoknya harus dibikin kesan agar orang tua itu tidak di pinggirkan,” katanya. Namun meski berpotensi bagus, Matius mengatakan masih ada kendala yang membuat bisnis ini masih kurang berkembang di Indonesia. Salah satunya yaitu mindset orang Indonesia yang menganggap akan menelantarkan orang tua jika tinggal di hunian khusus lansia atau senior living.

MASIH SEPI PEMAIN
Karena tergolong baru, bisnis retirement house ini masih tergolong sepi pemain. Ini tentu menciptakan sebuah peluang untuk bisa meraup pasar sebanyak-banyaknya di Indonesia. Saat ini terhitung hanya ada tiga pemain yang berkecimpung di bisnis senior housing ini. Diantaranya D’kahyangan milik Jababeka, Living Communities dan Rukun Senior Living. Selama ini, segmenpasar yag disasar pengembangan perumahan adalah segmen keluarga muda. Pangsa pasar segmen tersebut memang besar, tapi segmen pasar para lansia yang masih sedikit dilirik pengembang juga cukup menjanjikan.

POTENSI BESAR
Dibandingkan negara berkembang lainnya, perkembangan lansia di Indonesia merupakan salah satu yang tercepat. Pada tahun 2000, ada sekitar 14,4 juta lansia dan diprediksi pada 2020, jumlahnya akan bertambah  dua kali lipat menjadi sekitar 28,8 juta orang. Presentasi lansia di Indonesia pada akhir 2010 sudah mencapai 23 juta orang atau 10% dari total penduduk. Dengan jumlah sebesar itu, kehidupan lansia patut mendapatkan perhatian masyarakat yang menjadi bagian dari keluarga mereka.

 

Sumber: MEUTIA FEBRINA / INDONESIA INDUSTRY / OKTOBER 2015

Our Partners

  • 3371.jpeg
  • Partners_02.jpg
  • partners_03.jpg
  • partners_05.jpg
  • partner_04.jpg