foto1
foto1
foto1
foto1
foto1

Activity Calendar

<<  November 2017  >>
 Mo  Tu  We  Th  Fr  Sa  Su 
    1  2  3  4  5
  6  7  8  9101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
Enam Kesalahan Anak Dalam Merawat Orang Tua Lanjut Usia
06 Feb 2016 09:30
Enam Kesalahan Anak Dalam Merawat  Orang Tua Lanjut Usia

  Apabila Anda sebagai seorang anak yang tergolong dewasa, merawat orang tua yang sakit adalah sebuah [ ... ]

"LIKE AND DISLIKE" PELAYANAN LANSIA
30 Oct 2015 01:28

Pesatnya perkembangan industri pelayanan lansia, melahirkan berbagai program pelayanan yang disesuaikan [ ... ]

LAYANAN IN HOME CARE, MANFAATNYA BAGI LANSIA DAN KELUARGA
17 Jun 2015 08:03
LAYANAN IN HOME CARE, MANFAATNYA BAGI LANSIA DAN KELUARGA

Hidup tetap mandiri menjadi faktor terpenting bagi kehidupan para lansia. Melalui layanan In-home eldercare, [ ... ]

ASSISTED LIVING, LAYANAN TEPAT MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA
28 Oct 2015 08:59
ASSISTED LIVING, LAYANAN TEPAT MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA

Assisted Living Facilities (ALF) adalah fasilitas tempat tinggal di lokasi khusus bagi para penghuni  [ ... ]

CAREGIVER, PROFESI MULIA DAN SOLUSI BAGI KELUARGA
30 Mar 2015 09:20
CAREGIVER, PROFESI MULIA DAN SOLUSI BAGI KELUARGA

Penurunan kondisi fisik, psikis yang dialami warga lanjut usia bukanlah hambatan untuk menikmati hidup. [ ... ]

ASLI EXPO 2015 BAROMETER KUALITAS PELAYANAN LANSIA
08 Apr 2015 09:23
ASLI EXPO 2015 BAROMETER KUALITAS PELAYANAN LANSIA

  ASLI EXPO 2015 sebuah event akbar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Senior Living Indonesia (ASLI). [ ... ]

 

Apabila Anda sebagai seorang anak yang tergolong dewasa, merawat orang tua yang sakit adalah sebuah tanggung jawab besar. Disamping  banyak faktor dan keputusan yang harus dipertimbangkan, terdapat beberapa  tindakan pencegahan dan hal hal yang harus dihindari dalam merawat orang tua Anda.

1.    Kegagalan Dalam Perencanaan Ke Depan. Pastikan untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam tindakan perawatan jangka panjang orang tua Anda. Lakukan penilitian terhadap berbagai perbedaan pandangan antara pilihan yang disukai dan yang terbaik bagi mereka, apakah itu : pelayanan perawatan di-rumah, assited living, ageing in care, dan lain lain. Selain itu mencari informasi seputar latar belakang penyedia jasa bisa dari informasi masyarakat maupun dari pengguna jasa tersebut. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis untuk membahas situasi secara spesifik dan mendapatkan refrensi terbaik sebagai solusi.

2.    Ketidaksiapan Emosional. Kegagalan mempersiapkan diri secara emosional terhadap berbagai situasi yang muncul pada pada Orang Tua akan menciptakan efek permanen pada Anda.  Luangkan waktu yang cukup bagi Anda dalam mengatasi masalah emosional dan mental terutama jika Anda berada dalam satu rumah dengan orang tua. Karena, ketika mereka menderita suatu penyakit atau gangguan memori, akan menyebabkan  perilaku yang moody bahkan frustasi. Semakin matang persiapan mental dan emosional Anda, maka kesabaran dan rasa pengertian Anda semakin terbentuk terhadap mereka.  

3.    Tidak Memberi Ruang “Privacy”. Tentu saja Anda selalu ingin memberikan perlindungan penuh kepada Orang Tua sebagaimana Anda diperlakukan ketika masih anak anak. Namun, cobalah untuk mengingat, bahwa ketika masih anak anak, sering kali menginginkan ruang privacy untuk menjalani aktivitas Anda. Demikian juga pada Orang Tua Anda, beri mereka ruang untuk mengetahui kebutuhan perawatan mereka sendiri, asalkan mereka terhindar dari resiko yang besar. Kebutuhan privacy seperti: merawat rumah, memasak, melakukan perbaikan perbaikan, dan lain lain.

4.    Gagal untuk memahami situasi keseluruhan. Tidak pernah melakukan evaluasi berkala terhadap kondisi Orang Tua baik tentang kemampuan kognitif dan kondisi kesehatan secara keseluruhan menjadi penyebab kegagalan Anda dalam memahami kondisi Orang Tua dan mengakibatkan rasa frustasi. Melalu hasil evaluasi gejala gejala Alzheimer, penyakit kognitif degeneratif, serta kondisi umum lainnya, Anda akan memahami dan mengambil langkah tepat dalam memutuskan metode perawatan dan pengobatan.

5.    Orang Tua Anda merasa kehilangan hak untuk “mengontrol”. Kebutuhan menentukan dan mengendalikan kehidupan dirinya merupakan hak setiap orang, tidak peduli usia maupun dalam kondisi sakit sekalipun. Dapat dipahami jika Anda mengambil tindakan yang terbaik tanpa sepengatuhan mereka. Tetapi dengan mendengar pendapat Orang Tua dan mendiskusikan berbagai hal akan membantu penilaian Orang Tua bahwa mereka masih didengar, juga membantu penilaian Anda melalui penemuan hal hal baru. Ingatlah, apapun keputusan Anda menyangkut kehidupan Orang Tua

6.    Mengabaikan perawatan bagi di Anda. Sangat mudah untuk terjebak akan kesibukan dengan mengurus Orang Tua sehingga lupa pada kesehatan pribadi Anda sendiri. Ingatlah untuk mengambil sesering mungkin mengambil waktu untuk diri sendiri, bergabung dengan supporting group, dan jadwal tetap konsultasi dengan dokter. Jika Anda sendiri dalam kondisi tidak sehat dan terurus, akan tercermin pada pola perawatan untuk  orang tua Anda.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengurus orang tua. Mungkin bagi beberapa orang hal ini merupakan masalah besar. Namun, dengan mempersiapkan segala sesuatu terlebih dahulu, Anda akan lebih berhati hati dan terlatih memahami situasi orang tua Anda, dan langkah tepat menghindari stress.

Sumber: Gina Kaurich, www.firstlighthomecare.com/blog


 


 

Press Room


 


 

Videos


 

Our Partners

  • 3371.jpeg
  • Partners_02.jpg
  • partners_03.jpg
  • partners_05.jpg
  • partner_04.jpg